TERBARU

Mengemudi Mobil Kala Hujan

tips mengemudi mobil di saat hujan
Memasuki musim hujan, bagi para pengendara mobil harus mengemudi dengan ekstra hati-hati karena akan menghadapi jalan yang licin, jarak pandang yang terbatas dan juga menghadapi genangan air atau banjir. Apabila tidak hati-hati dalam mengemudi bisa menyebabkan kecelakaan atau mogok dijalan.

Agar terhindar dari kemungkinan buruk tersebut, ada beberapa tips mengemudi mobil saat hujan yang bisa disimak dibawah ini:

- Periksa kondisi rem mobil, pastikan perangkat rem berfungsi dengan baik agar bisa melakukan pegereman dengan baik di saat hujan,

- Periksa kondisi ban mobil, tekanan angin ban sesuaikan dengan standar pabrik, tidak kurang atau berlebih. Dan cek alur kembang, apabila sudah habis, sebaiknya ganti dengan yang baru.

- Periksa sistem kelistrikan mobil, terutama pada bagian lampu mobil, lampu sign dan lampu rem, pastikan semua berfungsi dengan baik sebelum menerobos hujan.

- Periksa kondisi wiper mobil, pastikan karet wiper tidak getas dan berfungsi dengan baik.

- Bersihkan kaca mobil dari jamur terutama kaca depan dan belakang agar pandangan lebih jelas dan tidak terganggu pada saat hujan.

- Kurangi kecepatan laju mobil di kala hujan, karena daya cengkram ban mobil berkurang dan bisa menyebabkan slip.

- Jaga jarak aman Anda dari mobil di depan untuk menghindari tabrakan karena rem mendadak dan juga mobil slip.

- Berhati-hati bila melewati genangan air, karena bisa saja ada lubang yang tidak terlihat.

Tidak ada komentar