TERBARU

Mazda Biante Mencoba Keberuntungan di Indonesia

Mazda Biante Mencoba Keberuntungan di Indonesia
Mazda Biante Pandangan Depan

Otomotif, Jakarta - Pasar kendaraan beroda empat tanah air segera akan menembus angka 1 juta unit/tahun pada tahun 2012 ini. Setelah masa itu maka jumlah produksi akan meningkat terus sampai mencapai 2 juta di tahun 2020. Produsen kendaraan beroda empat berlomba-lomba memasarkan jagoannyan untuk bisa mencuri angka penjualan yang sebelumnya dikuasai oleh kompetitornya.

Segment MPV di Indonesia ialah yang terbesar di Asia Tenggara dan menguasai hampir 40% pasar kendaraan beroda empat tanah air, sehingga banyak produsen kendaraan beroda empat masuk di segment ini.

  • Kelas Low MPV (72%) dikuasai oleh Duet Toyota Avanza - Daihatsu Xenia
  • Kelas Medium MPV (20%) dikuasai oleh Toyota Kijang Innova
  • Kelas Big MPV (2%) dikuasai oleh Nissan Serena
  • Kelas Luxury MPV (6%) dikuasai oleh Toyota Alphard.

Ada potensi luar biasa di 5 tahun mendatang dimana kelas Medium MPV akan membesar sehubungan dengan semakin membaiknya ekonomi para pemilik low MPV. Selain itu kelas Big MPV juga akan mencicipi imbasnya alasannya pemilik Medium MPV yang naik kelas. Di kelas Big MPV yang bercokol Nissan Serena, Honda Odyssey, Mitsubishi grandis, Mazda 8 dan lain-lain akan mulai dilirik, sehingga kesempatan memperkenalkan produknya di tahun 2012 ini.

Kelas Big MPV merupakan kelas yang menginginkan kendaraan beroda empat keluarga yang luas, prestisius, stylist dan memiliki kemampuan penjelajah yang mengasyikkan.

Mazda Biante

Mazda ialah produsen kendaraan beroda empat dari Jepang yang selalu diingat dengan slogannya ZOM-ZOM merupakan pemain usang di Indonesia yang ketika ini mulai menawarkan kebangkitannya. Produknya mulai dikenal masyarakat Indonesia melalui Mazda 2 di kelas hatcback dan Mazda CX-5 dengan teknologi SkyActiv-nya. Gebrakan Mazda dengan produk unggulannya bergotong-royong patut diapresiasi tetapi masih harus bekerja keras untuk bisa menaklukkan abjad konsumen di Indonesia yang unik.

Kegagalan Mazda dalam memasarkan Mazda5, Mazda3, RX-8 dan Mazda 8 menawarkan bahwa bertarung di pasar Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan teknology kendaraan beroda empat tetapi lebih jauh ialah menanamkan brand, jaringan service dan suku cadang, ketanguhan menaklukkan jalanan Indonesia yang bervariasi dan engine yang bandel. Dalam hal tersebut Mazda harus banyak berguru dari kompetitornya yang sudah eksis di Indonesia menyerupai Toyota dan Suzuki.

Oleh alasannya itu Mazda kelihatannya akan menyasar kelas atas yang biasanya menginginkan sesuatu kendaraan beroda empat yang berbeda dari yang lainnya. Kelas yang dimaksud ialah kelas Big MPV yang akan mengembang di 3-5 tahun yang akan datang, dikelas ini sudah ada Mazda8, Grandis, Serena dan Odyssey.

Tahun 2012 ini Mazda akan melaunching "MAZDA BIANTE" yang bergotong-royong ialah Mazda5 mayor Change yang akan muncul di ajang IIMS 2012. Mazda secara berani memasarkan Biante di Luar Jepang alasannya karakteristik konsumen Indonesia yang suka dengan Big MPV.

Mazda Biante Pandangan Depan

Mazda Biante Pandangan Belakang

Mazda Biante Interior Lapang

Spesifikasi Mazda Biante

  • Engine LF-VD 2000 cc, DOHC DISI, i-Stop, FWD.
  • Power 150 PS/6200 RPM, Torsi 190 Nm/4500 rpm
  • Dimensi 4715 x 1770 x 1835 mm
  • WheelBase 2850 mm
  • Kapasitas Penumpang 8
  • Bahan Bakar Minimal Pertamax (Compression Ratio 11.2)
  • Transmisi Otomatis 5 Percepatan
  • Sliding Door
  • Harga estimasi di Indonesia Rp 350-450 Juta.
  • Konsumsi BBM klaim 13.6 Km/Liter berkat teknologi i-Stop.

Sliding Door System Mazda Biante

Calon Pesaing Utama

Toyota Noah yang juga akan diperkenalkan Toyota di ajang IIMS 2012.

Toyota Noah

Nissan All New Serena

Nissan All New Serena

Kesimpulan:

  1. Mazda mengejar keberuntungan dengan melempar Mazda Biante ke pasar tanah air, kesuksesan Mazda 2 dikelas hatchback menciptakan Mazda menginginkan penerimaan konsumen Indonesia akan produk Big MPV.
  2. Pertarungan 3 produk utama produser kendaraan beroda empat Jepang yaitu Mazda Biante, Toyota Noah dan Nissan All New Serena mulai tahun depan akan sangat sengit. Tetapi dengan menengok kesuksesan Toyota Alphard, maka Mazda Biante masih harus bekerja keras untuk bisa mengisi celah kosong Big MPV yang beluam banyak pemain.
  3. Spesifikasi, bentuk ekterior yang futuristik, kelegaan kabin dan teknologi i-Stop pada Mazda Biante kelihatannya akan jauh menarik hati dibandingkan Mazda 8 yang dipasarkan sebelumnya.
  4. Diperkenalkan ke Konsumen Indonesia pada ajang IIMS 2012.
  5. Harga estimasi Rp 350-450 Juta, dimana harga ini ialah harga antara medium MPV dan luxury MPV.

Tidak ada komentar