TERBARU

Recovery Injector Captiva Diesel Korban Solar Busuk

Recovery Injector Captiva Diesel Korban Solar Busuk
Gambar 1 - test semprotan injector

Otomotif - Maaf bila goresan pena ini belepotan krn ini posting pertama saya untuk membuatkan pengalaman.

Menceritakan pengalaman recovery captiva 2013 akhir mengkonsumsi solar busuk, kendaraan beroda empat ini sy pakai sebagai kendaraan beroda empat harian bergantian dengan ertiga sebagai backup, mulai gres memakai dex sebagai prioritas dan sesekali pakai bio bila tdk menerima dex.

Awal duduk masalah timbul pd ketika sy melaksanakan perjalanan rutin ke bbrp kota di sepanjang pantura jatim dan tertarik mencoba solar A*R, pagi berangkat dr surabaya jarum indikator bbm kurang dr setengah dan sy isi solar A*R full di lamongan dan lanjut perjalanan ke tuban dan bojonegoro, sore balik ke surabaya dan besoknya lanjut ke pasuruan dan isi solar A*R di perbatasan pasuruan-probolinggo, ketika itu indikator bbm memperlihatkan setengan dan sy isi full dan melanjutkan perjalanan ke probolinggo dan sorenya lanjut ke lumajang dan malam hari balik ke surabaya, total ±600 km.

Masalah timbul pagi harinya, pada ketika sy start mesin susah hidup coba 2x dan start agak panjang mesin sanggup hidup dan dalam sehari itu mesin selalu susah start butuh start panjang utk sanggup hidup.

Karena ada kiprah ke atambua kendaraan beroda empat tdk digunakan selama 4 hari dan sesudah balik dari atambua kendaraan beroda empat sanggup di start tetapi tidak sanggup hidup.

Kemudian sy cek fuel pump dengan membuka cover di bawah jok tengah dan mendengarkan suaranya sptnya msh normal, selanjutnya bongkar dan bersihkan fuel filter dan coba start engine hasilnya tetap tdk mau hidup.

Kemudian sy buka cover engine dan melepas semua selang di outled fuel return injektor dan dari outled fuel return injector sy sambungkan selang untuk mengalirkan solar ke gelas air mineral dan start engine hasilnya........

solar ngocor di injector no 2&3 ......wah gawat.....krn ini membuktikan bahwa injector 2&3 bermasalah. (gambar 1)

Untuk memastikan kerusakan sy menghubungi sobat untuk meminjam diagnostic scanner dan ternyata sobat sy masih di luar kota, jadinya call beres minta untuk kirim mekanik dan dijanjikan tiba siang dengan biaya 400rb.

Setelah mekanik tiba dan dilakukan engine scanning, hasilnya memang injector 2&3 bermasalah.

Karena kendaraan beroda empat masih dalam masa garansi maka sy mengajukan klaim penggantian injector dan ternyata.....injector tdk digaransi dan utk penggantian partnya harus indent dengan harga asumsi 7-8jt per pcs.

Mekanik dari beres memperlihatkan injektor bekas seharga 3.5jt per pcs tetapi sy tolak sebab untung-untungan, kalau manis ya untung ngak ya buang duit.

Postingan selanjutnya akan sy share bgmn cara recovery dengan cara DIY dan murah

Gambar 2 - Perbandingan solar: kiri dex, kanan solar A*R dan injector yg bermasalah

kerusakan yg sering terjadi pada injector al: selenoid coil, control valve dan nozzle

dan kerusakan yg sering terjadi pada injector bila memakai solar kedaluwarsa yaitu pada control valve dan nozzle.

Pada beberapa injector diesel common rail kerusakan sanggup diperbaiki, untuk captiva memakai delphi pn:28264952

kerusakan pd nozzle yg paling praktis diketahui bila injector sdh dibongkar yaitu lobang nozzle buntu atau jarum macet.

Untuk proses perbaikan cukup dengan 15rb saja

dan jika tidak bisa diperbaiki harus ganti gres biayanya per pcs US $15-25 sy biasa beli di eb*y atau al*exp**





Gambar 3 - control valve



Gambar 4 - nozzle + jarum



Gambar 5 - injector

Request utk coba DIY.

Step awal ialah mencari injector yg bermasalah dengan diagnostic scanner ini cara yg paling praktis krn tinggal hubungkan scanner ke port obd2 yg ada di pojok kanan bawah dashboard

bila tdk ada diagnostic scanner sanggup memakai cara di gambar 1 yaitu lepas semua return hose dan sambungkan dengan hose yg lain untuk mengalirkan solar ke gelas air mineral dan start engine, perhatikan solar paling banyak ngocor di injector nomor berapa itu yg kemungkinan besar rusak.

atau cara di gambar 6 yaitu lepas semua injector dan pasang lagi dengan posisi injector dibalik dan start engine, perhatikan injector yg tdk menyemprotkan solar itu yg rusak



Gambar 6

Dalam kondisi normal debit solar yg keluar melalui return outled pd semua injector sama, ini bs dilihat di gelas penampung spt pd gambar 7, itu hasil test pd captiva sy sesudah melaksanakan penggantian control valve dan membersihkan nozzel.



Gambar 7 - debit yang normal

Bila harus beli :

control valve di https://www.aliexpress.com/item/Genuine-high-quality-nozzle-valve-fuel-injector-control-valve-9308-625C-9308z925c-28264094-28277576-28346624-EURO/32698411410.html?spm=2114.01010208.3.2.ie7PIq&ws_ab_test=searchweb0_0,searchweb201602_1_116_10065_117_10068_114_115_10069_113_10017_10080_10082_10081_10060_10061_10062_10056_10055_10054_10059_10078_10079_10073_10070_421_420_10052_10053_10050_10051,searchweb201603_1&btsid=72f0a08f-0627-4353-9fe4-dd71641d4136

control valve+nozzle di https://www.aliexpress.com/item/Original-Nozzle-Valve-Kit-7135-573-includes-28277576-and-L374-for-Common-Rail-injector-33800-4A710/32626062649.html?spm=2114.01010208.3.29.ie7PIq&ws_ab_test=searchweb0_0,searchweb201602_1_116_10065_117_10068_114_115_10069_113_10017_10080_10082_10081_10060_10061_10062_10056_10055_10054_10059_10078_10079_10073_10070_421_420_10052_10053_10050_10051,searchweb201603_1&btsid=72f0a08f-0627-4353-9fe4-dd71641d4136

part number bila link sudah tidak ada :

injector: delphi 28264952

control valve: 28277576

next.....bongkar injector



Gambar 8 - jepit injector dng ragum dan buka epilog dng kunci sok 15

prepare bongkar injector,

alat yg diperlukan:

- ragum

- kunci sok 15



Gambar 9 - injector yg sdh dibongkar

sebaiknya pd step ini didokumentasikan biar pd ketika reassembly tdk terjadi kesalahan



Gambar 10 - injector dlm kondisi terbongkar



Gambar 11 - injector dlm kondisi terbongkar



Gambar 12 - urutan assembly

Test nozzle :

1. cek apakah jarum nozzle tdk lengket/macet di dalam nozzle

2. bila tdk lengket/macet keluarkan jarum dr nozzle

3. cek fisik terutama ujung jarum yg warna hitam apakah ada kerusakan/tergores

4. test lobang nozzle dng menyemprotkan carb/injector cleaner spt pd gambar 13

hasilnya cairan hrs keluar dr 8 lobang dng debit yg sama

Perbaikan:

- bila ujung jarum yg warna hitam rusak/tergores ===> ganti

- bila jarum lengket/macet dan lobang nozzle ada yg buntu ===> beli thinner A yg biasa (sy beli eceran di toko bangunan Rp 15rb)

rendam min 1 jam, bila msh macet rendam kembali dlm wadah yg tertutup

- lakukan test no.4



Gambar 13 - cek lobang nozzle

Pada ketika investigasi nozzle menemukan kerusakan dan kerusakan sdh diperbaiki dan di test tdk ada yg buntu atau jarum macet sebaiknya injector di reassembly tanpa mengganti valve control krn ada kemungkinan duduk masalah pd injector sdh solved.

Pasang kembali injector dan sambungkan return outled injector ke selang dan gelas air mineral untuk test hasil perbaikan apakah sdh sempurna.

Pasang kembali kabel negatif pd aki.

PENTING !!!!!!

tangki hrs sdh dikuras dan diganti dengan solar yg bagus

ganti filter solar

jangan langung start engine, lakukan bleeding untuk mengeluarkan udara

caranya:

1. Turn on the ignition key dan tunggu 5 detik

2. Turn off the ignition key dan tunggu 3 detik

3. Ulangi step 1 & 2 sebanyak 5X

4. Start engine (biasanya butuh start agak panjang hingga mesin hidup)

sesudah mesin hidup perhatikan penampungan solar pd gelas air mineral, bila hasilnya tdk sama dng perbandingan yg sangat jauh maka injector yg return outlednya mengeluarkan solar paling banyak itu valve controlnya hrs diganti.

Penggantian valve control

sy blm menemukan part ini dijual di lokal jadi sy membeli di luar,

sy membeli sebanyak 4 pcs dng harga US $148 dan shipping US $25 pakai EMS

total waktu pengiriman 7 hr, bila ingin cepat diambil sendiri di kantor pos bs irit waktu 2 hr.

sy sengaja beli lebih krn yg 2 pcs buat spare.



Gambar 14 - paket kiriman valve control via EMS





Gambar 15 - isi paket



Gambar 16 - injector yg akan ganti valve control

yg perlu diperhatikan pada ketika pemasangan kembali valve control jangan hingga terbalik (gambar 12),

krn itu pada ketika pembongkaran perlu didokumentasikan/foto.

Lakukan bleeding dan test sesudah penggantian valve control spt tsb diatas. (gambar 12).

Sekian sharing sy mudah2 berkhasiat dan dr pengalaman sy memakai kendaraan beroda empat ini semenjak awal 2014 adalah:

nyaman,

stabil,

standart saja sdh powerfull krn torsi yg besar,

cocok untuk stop n go di dlm kota,

dan take over di jalur pantura,

maupun melibas jalur pegunungan (sy biasa ke malang lewat jalur pacet-cangar-batu),

Perawatan murah krn hrg fast moving part yg sy dpt :

- fuel filter US $27.14


- oil filter US $8.62


- air filter US $15.08


- cabin filter US $14.93


- oli mesin Q8 5-30 dexos2 Rp 120.000/l

Semenjak th 1995 s/d skrg kendaraan beroda empat utk daily yg berkesan :


1. Cefiro dng RB25DET

2. W124 Masterpiece

3. Captiva Z20D

Turboman wrote:

sekiranya boleh di share pake tools apa aja utk bongkar injector ini
lalu sesudah parts rusak diganti baru, apakah injector dikalibrasi di benchtest utk CRD ?
juga yg saya heran, dr solar yg kurang manis sanggup sampe kena ke injector, padahal di Captiva FL kalo gak salah filter solarnya ada 2, mana harganya ajibb pula
setahu saya filter solar utk CRD micron nya sgt kecil ?
apakah mungkin waktu pemasangan filter kurang higienis / ada kotoran yg masuk ?
Thanks sebelumnya

tdk ada tools khusus untuk membuka injector mungkin yg agak susah ialah melepas injector dr silinder head, tapi utk kendaraan beroda empat yg usianya kurang dr 3th biasanya masih praktis dilepas.

sepertinya bukan duduk masalah di filternya, dugaan sy krn injector captiva yg sdh euro5

gosip dari beres ada bbrp captiva yg pakai full dex tetapi injector msh sanggup kena

mungkin krn kadar belerangnya msh tinggi ya....(euro5 maximum sulphur limit of 0.001% (wt.) = 10 ppm)

dex ???????

mungkin krn SOP di beres harus ganti om walaupun sanggup diperbaiki.

Sebelum sy lakukan DIY sy sdh kontak beres dan mereka kirim mekanik hasilnya harus ganti injector 2 buah total ± Rp 18.000.000 belum purging, kuras tangki, dll .......

Perbandingan biaya dng cara DIY :

- perbaikan 1 buah nozzle yg buntu = 15.000


- ganti 2 buah valve control @ 500.000 = 1.000.000


- ongkos bongkar pasang injector = gratis


- ongkos kuras tangki = 80.000 (karena hrs beli jirigen 40l)


- purging dng liqui moly 1 kaleng = 180.000


- carbs cleaner 1 kaleng = 50.000


total biaya = 1.325.000 saja

KESIMPULAN 1.325.000 VS 18.000.000 pilih yg mana.......??????

irit 16.675.000

wah sy salah hitung, estimasi dari beres @8jt include ppn mereka tdk berani pastikan hrg krn tdk ready stock jd total 16jt belum lain2

harga di eb*y yg gres 4,7jt belum ongkir, ppn 10%, pph 7% kl punya NPWP kalau ga punya kena 15% total ±6,5jt ini yg 30hr gres tiba barangnya,

kl yg express 5-7hr lebih mahal lagi ongkirnya

yg bekas di eb*y juga banyak harga separuhnya

harga di lokal selain beres sy tdk tau.....

Sumber : Serayamotor

Tidak ada komentar