TERBARU

Toyota Aqua Mobil Impian Ramah Lingkungan

Aqua Bukan Minuman Mineral Lagi

Otomotif - Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Prius ? Ya Prius yaitu kendaraan beroda empat hybrid pertama yang populer diseluruh dunia dan sukses dipasarkan hingga menembus angka penjualan > 3.5 Juta Unit dari tahun 1997 hingga 2012. Sampai ketika ini belum ada kendaraan beroda empat hybrid yang dapat mengejar kesuksesan Toyota Prius di seluruh dunia.

Toyota Prius juga sukses di pasaran Amerika dengan angka penjualan hingga 60,000 unit/bulan dan menjadi kendaraan beroda empat terlaris sehabis Toyota Corolla dan Ford Focus. Toyota telah banyak mengubah teladan pikir masyarakat di seluruh dunia untuk mulai menggunakan kendaraan beroda empat ramah lingkungan sehingga jutaan ton carbondioksida dapat direduksi. Perilaku ramah lingkungan ini sudah menjadi demam isu gaya hidup para jutawan dengan menggunakan kendaraan beroda empat hybrida atau bahkan kendaraan beroda empat listrik.

Bagaimana sosok Toyota Prius ?


Toyota Prius

  • Gasoline Engine: 1.8L Aluminium, 4 Cylinder, 16 Valve dengan VVT-i (Variable Valve Timing - Intelgency), 98 hp/5200 rpm (73 kW/5200 rpm), Torsi 142 Nm/4000 rpm.
  • Power Output Electric Motor Max 80 hp.
  • Total Hybrida System 134 hp.
  • Transmision ECVT (Electronically Controlled Continuously Variable Transmission)
  • Konsumsi BBM dapat mencapai 25 km/liter.

Kelebihan Toyota Prius yang dikagumi semua orang yang peduli lingkungan yaitu kendaraan ini mempunyai tingkat efisiensi materi bakar yang tinggi, raham lingkungan alasannya yaitu emisi gas buang yang rendah, performance yang luar biasa, ketenangan mengemudi yang baik dan stylist.

Toyota Prius Gen-3

Generasi Prius C Yang Fenomenal

Toyota dengan gembira meluncurkan Toyota Prius C yang diberi nama Toyota Aqua yang merupakan sang Adik dari Toyota Prius Generasi ke-3.

Sosok Toyota Aqua (Adik Si-Prius)

  • Model hatchback, 5 penumpang
  • Engine 1NZ-FXE, 1.5L (1500 cc), DOHC, 4 Cylinder, 16 Valve
  • Power 74 hp/4800 rpm, 111 Nm/3600-4400 rpm
  • Power Output Electric Motor Max 60 hp/169 Nm
  • Launching di Jepang Awal tahun 2012.
  • Konsumsi BBM dapat mencapai 35 km/liter.

Toyota Aqua menjadi produk fenomenal di Jepang alasannya yaitu dapat menduduki no. 3 dari segi penjualan sehabis Toyota Prius Hybrid, dan Honda Fit Hybrid. Penjualan bulanan selama tahun 2012 tak kurang dari 20,000 unit/bulan dipesan di negara asalnya Jepang alasannya yaitu banyak anak muda yang menyukai model hatchback dari Toyota Aqua. Toyota Aqua yang gres diluncurkan di Jepang Desember 2011 pribadi menyodok ke posisi 3 mendekati angka penjualan Honda Fit Hybrid. Di Jepang hampir setengah penjualan kendaraan beroda empat sudah didominasi oleh kendaraan beroda empat hybrid.

Toyota Aqua

Kabarnya Toyota telah mendaftarkan model Toyota Aqua ke kementrian perindustrian dan perdagangan Indonesia untuk diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show 20-30 September 2012. Biasanya sehabis diperkenalkan di IIMS 2012 maka dalam 1-2 tahun ke depan kendaraan beroda empat ini akan menjadi kendaraan beroda empat yang dijual ke konsumen Indonesia.

Bahkan di Malaysia Toyota Motor Corporation menghentikan undangan Toyota Aqua yang begitu tinggi di negara Malaysia. Kapasitas produksi yang terbatas menjadikan banyak negara yang harus sabar menunggu realisasi pengiriman ke konsumen. Untuk mengantisipasi undangan Toyota Aqua di wilayah Aisa Tenggara, kabarnya Toyota berencana merakitnya di negara Malaysia.

Bagaimana dengan konsumen di Indonesia ?

Di Malaysia Toyota Aqua dijual dengan harga Rp 270 Jutaan.....sehingga jika dipasarkan di Indonesia dapat mencapai harga Rp 350-400 juta. Harga tersebut masih terlalu mahal untuk ukuran kendaraan beroda empat 1500 cc bahkan Toyota Prius kurang laku di Indonesia alasannya yaitu harganya yang sangat mahal > Rp 600 jutaan.

Jika Toyota Aqua dapat di rakit di Malyasia, maka harganya dapat direduksi menjadi Rp 300-350 jutaan untuk konsumen Indonesia. Melihat bentuknya, demam isu kendaraan beroda empat hybrida masa depan, dan konsumen bbm yang irit, tidak tidak mungkin Toyota Aqua akan menjadi raja Mobil Hybrida di Indonesia pda 3-5 tahun yang akan datang.

Siapa Pesaing Toyota Aqua ?

Honda Fit Hybrid (All New Jazz)

Sudah menjadi takdir bahwa persaingan Toyota dan Honda di dunia semakin seru, sehabis kendaraan beroda empat hatchback Yaris dan All New Jazz bersaing ketat di Indonesia, maka persaingan kendaraan beroda empat Hybrid di Asia Tenggara akan mengerucut pada persaingan antara Toyota Aqua dan Honda Fit Hybrid.

Toyota Aqua Mejeng di IIMS 2012

Toyota Aqua secara resmi akan dipamerkan Toyota Astra Motor di ajang IIMS 2012 tanggal 20-30 September 2012. Bahkan berdasarkan kabar Toyota Aqua dapat dibeli melalui system Spot Order artinya bagi yang mau mempunyai Toyota Aqua akan dilayani dengan system order secara inden.

Tidak ada komentar