TERBARU

All New Rush Lebih Kuat Lagi, Tapi...

All New Rush Tak Limbung Lagi, tapi...
Toyota All New Rush(dok TAM)

Otomotif, Malang - Salah satu sektor penting dalam performa Toyota Rush generasi lama adalah sistem suspensi. Low SUV andalan Toyota itu dikenal limbung dan body roll ketika dikendarai. Lantas bagaimana dengan All-New Rush yang baru?.

Dalam kesempatan kita kali ini bersama KompasOtomotif, Saya berkesempatan menjajal langsung All-New Rush pada sesi jurnalis test drive di Malang-Surabaya, Jawa Timur, pekan lalu. Kesempatan ini segera saya gunakan buat menguji perubahan yang diusung generasi terbaru dari Rush.

Product Knowledge Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Gandhi Ahimsaputra, menjelaskan, bahwa pihaknya telah membuat beberapa sentuhan akhir untuk melakukan perubahan dalam setiap Rush baru. Sistem yang mendapat ubahan salah satunya adalah suspensi.

"All-New Rush kita pasang stabilizer dalam sistem suspensi. Tentunya ada perubahan, All New Rush akan lebih stabil dan nyaman saat dikendarai, nanti bisa anda rasakan sendiri," ucap Gandhi saat berbincang dengan beberapa jurnalis, pekan lalu di Malang.

All-New Rush
Toyota All-New Rush (dok TAM)

Beberapa kawan jurnalis begitupun dengan saya memilih sebagai pengemudi saat sesi test drive berlangsung. Hasilnya, gejala limbung dan body-roll memang bisa dikurangi berkat perubahan pada sistem suspensi tersebut. Mobil enak diajak bermanuver, atau meliuk saat melibas tikungan. Ada sedikit beberapa gejala oversteer, karena ini memang kendala buat mobil yang menggunakan sistem penggerak belakang (rear-wheel-drive).

Hanya ada satu catatan, ketika duduk di kursi baris kedua suspensi begitu terasa keras. Bantingan bisa dirasakan di baris kedua ketika melibas jalan yang rusak. All New Rush memang menggunakan pelek berukuran ring 17, ini salah satu faktor yang membuat bantingan terasa keras, meski gejala limbung bisa dikurangi secara signifikan.

All New Rush memang didesain bukan buat melibas medan berat atau off-road. Suspensi yang ketat ini tidak akan terlalu terasa bila melibas aspal mulus, hanya saja kondisinya akan berbeda bila jika anda bertemu jalan rusak atau kontur jalan yang tidak rata (bumpy).

Tidak ada komentar